PELATIHAN KULINER SERTA CARA MEMPROMOSIKANNYA MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MODAL WIRAUSAHA BAGI MANTAN TENAGA KERJA INDONESIA

  • E N Prananingrum Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Indonesia

Abstract

Kurangnya lapangan kerja yang ada di Indonesia, ditambah dengankurangnya ketrampilan dan dana yang dimiliki membuat banyak tenaga kerja Indonesia yang menjadi TKI. Masalah ini yang kemudian menjadi tantangan bagi pemerintah kita. Adakalanya nasib para tenaga kerja Indonesia yang di luar negeri sering tidak bernasib baik. Sehingga ketika kembali ke tanah air, mereka semakin memperoleh banyak kesulitan dalam menjalani kehidupan.

Berdasarkan situasi dan kondisi tersebut, perumusan masalahnya adalah, Bagaimana memberikan pemberdayaan bagi para mantan Tenaga Kerja Indonesia?, Bagaimana memberikan pengetahuan marketing online bagi para mantan Tenaga Kerja Indonesia? Serta Bagaimana memberikan motivasi bagi para mantan Tenaga Kerja Indonesia untuk termotivasi berwirausaha di Indonesia ?

Adapun tujuan kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada mantan TKI mengenai pentingnya wirausaha, pengetahuan promosi produk melalui media online serta Untuk menberi- kan memberikan kesadaran tentang pentingnya mendesain produk yang menarik secara online.

Hasil dari kegiatan ini diharapkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang bersifat lintas bidang keilmuan sangat dibutuhkan untuk membantu meningkatkan kehidupan masyarakat, khusunya para mantan TKW untuk mengembangkan ketrampilan dirinya. Kiranya dapat dapat diberikan secara terus menerus atau berkesinambungan.

Kegiatan pelatihan diharapkan melibatkan unsur dari pemerintah pusat, propinsi dan daerah sehingga pembinaan dapat berjalan lebih lengkap serta pembinaan akan lebih terkontrol, selain itu juga melibatkan para pengusaha yang telah sukses pada bidangnya sehingga dapat memberikan memberikan contoh dan kiat kiat untuk dapat sukses

Kemudahan dalam memberikan akses untuk pinjaman modal usaha juga diharapkan dapat memberikan rangsangan untuk para mantan TKW agar bersemangan untuk berwirausaha sehingga membuat para mantan TKW semakin bersemangat berwirausaha.

Kegiatan seperti ini dapat  dilakukan dengan bekerjasama dengan Departemen Luar Negeri untuk mensosialisasikan pentingnya berwirausaha atau memiliki keinginan untuk kembali ke Indonesia. Pelatihan yang sifatnya dapat membantu mereka untuk dapat menjadikan kesempatan selama bekerja di luar negeri untuk dapat memperoleh pengalaman yang bermanfaat ketika pulang ke Indonesia.

Published
2016-10-31