Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PAI SMK Jakarta Timur Melalui Pelatihan Publikasi Artikel Jurnal
DOI:
https://doi.org/10.21009/sarwahita.212.2Keywords:
publications, journal articles, professional competence, Islamic Education teachersAbstract
As part of their professional responsibilities, teachers are expected to fulfil their teaching duties and enhance their professional skills. However, several educators face limited access to resources that facilitate self-development. This community service project focuses on equipping Islamic Education (IE) teachers with the necessary skills to publish research-based articles for Sinta-indexed journals. The objective is to contribute to the development of their skills. This community service is a joint effort with educational institutions that belong to the Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IE SMK in East Jakarta. The training methods consist of lectures, discussions, group work, and question and answer sessions. Furthermore, a questionnaire was employed to determine the challenges and experiences that teachers encounter when composing articles. The training results indicate that the IE teachers exhibit greater comprehension and enthusiasm for crafting journal articles and publish it, with a readiness to participate in additional writing support via established groups.
Abstrak
Guru sebagai jabatan profesi dituntut mampu melaksanakan tugas pengajaran dan meningkatkan kompetensi profesional. Di sisi lain, banyak guru terbatas dalam mengakses media pengembangan diri. Adapun kegiatan pengabdian ini bertujuan mendukung peningkatan kompetensi tersebut melalui pelatihan guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk menulis dan publikasi artikel jurnal ilmiah yang berbasis penelitian dan selanjutnya dipublikasi ke jurnal-jurnal terindeks Sinta. Pengabdian Masyarakat ini merupakan kerja sama dengan kemitraan pendidikan yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMK Jakarta Timur. Metode pelatihan meliputi ceramah, diskusi, kerja kelompok, dan tanya jawab. Pelatihan juga memetakan kesulitan dan pengalaman guru dalam penulisan artikel jurnal melalui kuesioner. Hasil pemetaan awal pengalaman guru menulis artikel ilmiah, mayoritas tidak pernah menulis artikel jurnal, submit dan publikasi ke OJS, serta mempunyai kesulitan menulis karena sibuk dan tidak mempunyai pengetahuan yang memadai tentang penulisan. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman terutama pada aspek rancangan penyusunan artikel, serta peningkatan minat Guru-guru PAI dalam penulisan dan publikasi artikel jurnal serta bersedia untuk menindaklanjuti pendampingan melalui grup-grup yang sudah dibentuk
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Sarwahita : Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Sarwahita : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.