MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN SOFTWARE R SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN INOVASI PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU MATEMATIKA SMA DAN SMK DI JAKARTA TIMUR

  • Widyanti Rahayu Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Rohmah Rohimah Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Training, Software R, Learning Innovation, Master, Teacher

Abstract

ABSTRAK

Kondisi yang dialami oleh banyak guru matematika antara lain yaitu kurangnya inovasi dalam pembelajaran matematika. Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani, dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.untuk  menjamin  keterlaksanaan  tugasnya  secara  professional.  Untuk  meningkatkan kompetensi guru-guru khususnya guru-guru di Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan perlu diberikan pelatihan-pelatihan software yang menunjang tugas utamanya sebagai pendidik. Salah satu software yang berguna untuk pembelajaran matematika diantaranya Software R. Software R dapat digunakan untuk menjelaskan banyak topik dalam matematika antara lain: masalah aritmatika, geometri, maupun aljabar. Sofware R juga dapat digunakan guru untuk membantu evaluasi pembelajaran maupun untuk mengolah data penelitian. Melalui pelatihan software R bertujuan agar guru mampu berinovasi untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas mengajar matematika guru- guru di Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Jakarta Timur. Feedback dari kegiatan pelatihan yang diselenggarakan, peserta memberikan respon positif terhadap pelatihan tentang Software R.

 

ABSTRACT

Conditions experienced by many teachers of mathematics, among others, the lack of innovation in learning mathematics. Teachers are required to have academic qualifications, competencies, certificates of educators, physically and mentally, and have the ability to realize the goals of national education. To ensure professional execution of their duties. To improve the competence of teachers, especially teachers in Senior High School and Vocational High School need to be given software training that support the main task as educator. One of the software that is useful for learning mathematics such as Software R. Software R can be used to explain many topics in mathematics, among others: the problem of arithmetic, geometry, and algebra. Software R also can be used by teacher to assist evaluation of learning and also to process research data. Through software training R aims to enable teachers to innovate to improve the skills and creativity of teaching mathematics teachers in High School and Vocational High School in East Jakarta. Feedback from the training activities held, the participants gave a positive response to the training on Software R.

Published
2015-10-31