DIFUSI INOVASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (A DIFFUSION RESEARCH OF INNOVATION)
Keywords:
Inovasi, Pembelajaran Tematik, Diffusion of ResearchAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberlangsungan laju penerimaan dan pelaksanaan inovasi pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Tangerang Selatan tahun 2013-2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah mixed method design types of the explanatory design dari Johns W. Creswell. Prosedur penelitian dimulai dengan pengumpulan data kuantitatif menggunakan instrumen questioner selanjutnya diikuti dengan pengumpulan data kualitatif menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari anggota inti dari satuan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Tangerang Selatan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Proses penelitian ini menggunakan proses penelitian difusi inovasi dikembangkan oleh Rogers yang terdiri dari proses knowledge, persuation, decision, implementation dan confirmation. Teknik analisis data menggunakan explanatory design analysis John W. Croswell dengan tahapan pertama, hasil analisis data kuantitatif diperdalam dengan hasil analisis data kualitatif; analisis data kuantitatif menggunakan statistic deskriptif kemudian diikuti dengan analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles and Huberman yang meliputi tahapan reduksi, display dan kesimpulan/verifikasi. Selanjutnya tahap kedua adalah memberikan interpretasi pada semua data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik sudah diterima dan dilaksanakan di Madrasah Ibtidiyah Tangerang Selatan tahun 2013-2019 berdasarkan tahapan knowledge, persuation, decision, implementation dan confirmation