Pelatihan Pembuatan Soal berbasis HOTS bagi Guru Guru jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di kecamatan Muara gembong.

Authors

  • daryanto Universitas Negeri Jakarta
  • Soeprijanto Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

pemahaman HOTS, pendampingan, pembelajaran berorientasi HOTS

Abstract

Abstract

This training aims to improve teachers' capacity in compiling questions that challenge  students to think more deeply, in accordance with HOTS standards. The main target of  this training is teachers from all levels of education in Muara Gembong District. Each  level of education has its own characteristics, but the development of HOTS-based  questions can be applied at all levels, from elementary to vocational schools. The results  of the needs analysis identified that many teachers still need to improve their  understanding of pedagogy and fields of study. In addition, in the training on learning  oriented to high-level thinking skills, the pretest results showed an average score of 55  points while the posttest results showed an average score of 70 points, this result indicates  an increase in value of 15 points from the initial understanding. Although this result is  still below the expected value, namely: 75%. The results obtained in this activity include:  (1) increasing teachers' understanding of the HOTS-oriented learning approach; (2)  increasing teachers' pedagogical and field of study competencies in managing classroom  learning. The follow-up analysis in this activity is: (1) Assisting teachers in making  planning plans; (2) Assistance for teachers in developing HOTS-oriented learning tools.

Keywords: understanding HOTS, assistance, HOTS-oriented learning.

Abstrak

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam menyusun soal yang  menantang siswa berpikir lebih mendalam, sesuai dengan standar HOTS. Sasaran utama  dari pelatihan ini adalah guru dari semua jenjang pendidikan di Kecamatan Muara  Gembong. Setiap jenjang pendidikan memiliki karakteristik tersendiri, namun  pengembangan soal berbasis HOTS dapat diterapkan pada semua tingkat, mulai dari SD  hingga SMK. Hasil analisis kebutuhan teridentifikasi bahwa masih banyak guru-guru  membutuhkan peningkatan pemahaman tentang pedogogik dan bidang studi. Disamping  itu, pada pelatihan tentang pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat  tinggi, hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata mencapai point 55 sedangkan hasil pos  test menunjukkan nilai rata-rata mencapai point 70, hasil ini menandakan ada kenaikan  nilai sebesar 15 point dari pemahaman awal. Walaupun hasil ini masih dibawah nilai  yang diharapkan yaitu: 75%. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini diantaranya adalah:  (1) meningkatnya pemahaman guru-guru tentang pendekatan pembelajaran berorientasi  HOTS; (2) meningkatkan kompetensi pedagogik dan bidang studi guru dalam mengelola  pembelaaran di kelas. Analisis tindak lanjut dalam kegiatan ini adalah: (1)  Pendampingan guru-guru dalam membuat perencanaan perencanaan; (2) Pendampingan  guru-guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang berorientasi HOTS.

Kata Kunci: pemahaman HOTS, pendampingan, pembelajaran berorientasi HOTS.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

daryanto, & Soeprijanto. (2024). Pelatihan Pembuatan Soal berbasis HOTS bagi Guru Guru jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di kecamatan Muara gembong . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024P230 -SNPPM2024P236. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/50050

Most read articles by the same author(s)