Pengaruh Penggunaan Cairan (Susu UHT, Santan Segar, dan Santan Instan) pada Pembuatan Macaroni Schotel Terhadap Daya Terima Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.21009/JSB.004.2.01Keywords:
Macaroni Schotel, UHT milk, fresh coconut milk, instant coconut milkAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan cairan (susu UHT, santan segar, dan santan instan) terhadap daya terima konsumen berdasarkan aspek warna, rasa, aroma, dan tekstur. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan Pastry dan Bakery Program Studi Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Waktu penelitian dimulai pada bulan Oktober 2019 hingga Maret 2021. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah Macaroni Schotel menggunakan cairan susu UHT, santan segar, dan santan instan dengan ukuran 400ml yang kemudian diujikan kepada 30 panelis tidak terlatih yang menilai keseluruh aspek. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Friedman pada aspek warna, rasa, dan tekstur menunjukan bahwa penggunaan cairan (susu UHT, santan segar, dan santan instan) tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada penerimaan konsumen sehingga formula penggunaan santan harus diuji kembali agar mendapatkan hasil yang lebih baik.
The objective of this study was to determine and analyze the effect of the usage of liquid (UHT milk, fresh coconut milk, and instant coconut milk) on Macaroni Schotel on consumer acceptance based on aspects of color, taste, aroma, and texture. This research was conducted at the Pastry and Bakery Laboratory of Food & Nutrition Program, State University of Jakarta. When the study began in October 2019 until March 2020. The method used was an experimental method. The sample in this study was a Macaroni Schotel with the usage of 400ml liquid (UHT milk, fresh coconut milk, and instant coconut milk) tested on 30 untrained panelists who assessed all aspects. Based on the results of hypothesis analysis using the Friedman test on aspects of color, taste, and texture showed the effect of the usage of liquid (UHT milk, fresh coconut milk, and instant coconut milk) to the making of Macaroni Schotel does not have a signficant effect on consumer’s acceptance so the formula for using the coconut milk must be tested again to gain better results.