Effect of Kluwek Paste Addition in Making Almond Crispy on Consumer Acceptability

Authors

  • Putri Fauziah Ali Universitas Negeri Jakarta
  • Annis Kandriasari Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Mutiara Dahlia Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JSB.006.1.05

Keywords:

Kluwek Paste, Almond Crispy, Consumer Acceptance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penambahan pasta kluwek pada pembuatan Almond Crispy terhadap daya terima konsumen yang meliputi penilaian organoleptik terhadap aspek warna, aroma, rasa, dan tekstur. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan Pastry, Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Waktu penelitian ini dimulai sejak September 2019 hingga Januari 2022. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penilaian menggunakan uji hedonik kepada 30 panelis agak terlatih. Hasil uji hedonik menunjukan bahwa Almond Crispy penambahan pasta kluwek yang paling disukai untuk aspek warna, aroma dan tekstur adalah penambahan pasta kluwek 0,07% dengan nilai rata-rata 4,76, 4,16 dan 4,63 pada kategori suka hingga sangat suka. Pada aspek rasa yang paling disukai adalah penambahan pasta kluwek 0,05% dengan nilai 4,46 pada kategori suka. Hasil analisis dengan menggunakan uji Friedman membuktikan terdapat pengaruh penambahan pasta kluwek pada pembuatan Almond Crispy terhadap daya terima konsumen pada aspek warna dan rasa. Hasil uji Tuckey menunjukan bahwa penambahan pasta kluwek sebanyak 0,05% dan 0,07% adalah yang disukai konsumen. Kesimpulan hasil penilaian organoleptik secara umum bahwa Almond Crispy dengan penambahan pasta kluwek yang paling disukai dari aspek warna, aroma, rasa, dan tekstur adalah dengan persentase sebanyak 0,07%.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Ali, P. F., Annis Kandriasari, & Mutiara Dahlia. (2023). Effect of Kluwek Paste Addition in Making Almond Crispy on Consumer Acceptability. Jurnal Sains Boga, 6(1), 33–42. https://doi.org/10.21009/JSB.006.1.05