Analisis Komunikasi Virtual Gamers Mobile Legend Pada Siswa/i SMAN 21 Kota Batam

Authors

  • Veronica yourlanda Mahasiswa / student
  • Ageng Rara Cindoswari Universitas Putra Batam

DOI:

https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.031.01

Abstract

Di era teknologi yang semakin maju, di mana banyak orang dapat berkomunikasi kapan saja dan di mana saja, serta penggunaan smartphone sudah tersedia,dapat memudahkan siapapun dan kapanpun untuk bisa berkomunikasi dengan orang lainnya, dengan kemudahan teknologi inilah memudahkan para siswa untuk mendownload game yang ada di smarthphone, Mobile Legend merupakan game yang menyediakan fungsi komunikasi yang dapat dilakukan pengguna secara virtual. Dalam permainan ini, komunikasi adalah hal yang paling penting karena membutuhkan interaksi satu sama lain untuk mencapai kemenangan. Komunikasi virtual adalah sarana komunikasi yang melaluinya pesan dikirim dan diterima melalui dunia maya atau yang dikenal dengan dunia maya. Komunikasi semacam ini di abad ini sangat digemari oleh semua orang, karena siapa saja dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja, Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap komunikasi virtual pemain game online. Teori yang dianggap penting dalam penelitian ini adalah konsep teori komunikasi virtual. Penelitian tersebut melibatkan tujuh siswa SMAN 21 aktif Di Batam yang bermain Mobile Legends minimal tiga jam sehari. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, dan hasilnya menunjukkan bahwa intensitas komunikasi dalam virtualisasi sangat sering terjadi, dan terjadi perubahan komunikasi seperti berkurangnya komunikasi dengan orang sekitar, komunikasi yang menjadi kasar tanpa disadari akibat dari bermain game online, dan dapat menambah ketagihan dengan membuat siswa menghabiskan lebih banyak waktu didepan layar ponsel, hal ini disebabkan oleh kecanduan dari game Mobile Legends.

Kata Kunci: Komunikasi Virtual; Mobile Legend;

References

Ananda, B. F., Achmad, Z. A., Alamiyah, S. S., Wibowo, A. A., & Fauzan, L. A. (2022). Jurnal Ilmu Komunikasi VARIASI KOMUNIKASI VIRTUAL PADA KELOMPOK PEMAIN GAME MOBILE LEGENDS Pendahuluan Komunikasi yang terjadi di dalam game dapat dikatakan sebagai komunikasi secara online atau komunikasi virtual . 1 Sistem komunikasi virtual menyediakan. 12(1).
Wijaya, C. V., & Paramita, S. (2019). Komunikasi Virtual dalam Game Online (Studi Kasus dalam Game Mobile Legends). Koneksi, 3(1), 261. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6222
Putra, M. F. B., Atnan, N., Sc, M., & Legends, M. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Antarpribadi Player Game Online Mobile Legends : Bang Bang Analysis of Communication Behavior of the Online Player Mobile. E-Proceeding of Management, 7(2), 4285–4296.
Bagas Pradipta Irianto, A., Milenia Putri Wisnu, A., Indriani Putri Aprilli, D., Rizki Hermawan, H., & Vincent Immanuel, dan. (2019). Game online dan pengaruhnya terhadap komunikasi dalam keluarga. 381–386. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/786
Irawanto, B. (2017). SPASIALISASI DEVELOPER GAME LOKAL (Proses Perluasan Usaha Developer Game PT GIT SOLUTION, dan Noobzilla Di Yogyakarta) JUSUF ARIZ WAHYUONO, Budi Irawanto, M.A., Ph.d. 30(2005), 2005–2010
Cangara, H. (2009). Resensi Buku Pengantar Ilmu Komunikasi Cangara. 1–187..
Fahmi, R. (2008). Pengaruh Bermain Game Online Mobile Legend Terhadap Kon-ten Obrolan Mahasiswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.
Putra, F. F., Rozak, A., Perdana, G. V., & Maesharoh, I. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 98–103. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i2.3236
Putri, D. N., & Mardyah, S. A. (2019). Penggunaan Kata-Kata Kasar Pada Pemain Game Online : Gambaran Self Construal Yang Dimiliki. Psychology Journal of Mental Health, 1(1), 1–14. http://pjmh.ejournal.unsri.ac.id/
Rara Cindoswari, A., & Diana, D. (2019). Peran Media Massa Terhadap Peru-bahan Perilaku Remaja Di Komunitas Kpopers Batam. Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(2), 275–285. www.journal.uniga.ac.id

Downloads

Published

2023-07-13

How to Cite

Veronica yourlanda, & Cindoswari, A. R. (2023). Analisis Komunikasi Virtual Gamers Mobile Legend Pada Siswa/i SMAN 21 Kota Batam. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.031.01