Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA

  • Izzah Imaniyah Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta 13220
  • Siswoyo Siswoyo Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta 13220
  • Fauzi Bakri Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta 13220

Abstract

Abstract
This research aimed to know the effect of Learning Cycle 7E towards student’s study result. The research is conducted in the 107 Senior High School Jakarta. The subjects are students of 11th grade of Science 2 as experiment class (Learning Cycle 7E) and Science 3 as control class (5M Cycle). The research is about Dynamic Fluid concept. The method and design are Quasi Experimental and Nonequivalent Control Group Design. The instrument of study result is multiple choice in cognitive area. The result of normality test by Chi Square showed distributions of data is normal. The result of homogenity test by F-test showed the class is homogen. Hyphothesis test used t-test with α = 0,05 and dk = 65. The result are tvalue = 4,994 and ttable = 1,671, so tvalue > ttable, so there is positive effect of Learning Cycle 7E toward study result of 11th grade.
Keywords: learning model, learning cycle 7E, study result
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar fisika. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMAN 107 Jakarta yaitu XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen (Learning Cycle 7E) dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol (siklus 5M). Penelitian dilakukan dalam pembelajaran konsep Fluida Dinamis. Metode dan desain yang digunakan adalah quasi eksperimen dan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen hasil belajar berupa tes pilihan ganda dalam ranah kognitif yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil perhitungan normalitas data dengan menggunakan Chi Kuadrat diperoleh data kedua kelompok terdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji F diperoleh data kedua kelompok homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 65. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 4,994 dan ttabel = 1,671, yang berarti bahwa thitung > ttabel, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA pada taraf signifikansi 5%.
Kata-kata kunci: model pembelajaran, siklus belajar 7E, hasil belajar

Published
2015-06-30
How to Cite
Imaniyah, I., Siswoyo, S., & Bakri, F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 17 - 24. https://doi.org/10.21009/1.01103