Pengaruh Pendekatan Multi Representasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA

Authors

  • Laras Widianingtiyas Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur 13220
  • Siswoyo Siswoyo Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur 13220
  • Fauzi Bakri Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur 13220

DOI:

https://doi.org/10.21009/1.01105

Abstract

Abstract
The aim of this research is to know the effect of multiple representations approach in teaching physics towards cognitive ability of senior high school students. Multiple representations have five advantages such 1) Accomodate the difference of intelligence capabilities, 2)Visualization of brain, 3) Help to construct other forms of representation, 4) Some of representations are useful for qualitative reasoning, and 5) Abstract mathematical representation is used to qualitative reasoning. The multiple representations which are used in this research are verbal representation, visual representation and mathematical representation. The research was carried out using a quasi-experimental methode with non-randomized control group pretest-posttest design. The sample was taken by purposive sampling technique. This research was conducted at SMAN 7 Bekasi with the subject of the research are studenst of X MIA 3 as the experimental class and the X MIA 1 as the control class. Data collection techniques were a multiple choice objective test to determine students’s cognitive abilities. The cognitive abilities that will be examinde according to Anderson taxonom. Based on the result of hypothesis test ( test - T ) with a significance level of 5 % and dk = 86 obtained tcount at 6.11 and ttable at 1.671, so that it can be seen that Ho is refused and H1 is accepted . It can be concluded that the multiple representation approach give a positive effect on students' cognitive abilities.
Keywords: multiple representations approach, cognitive ability, Anderson taxonomy
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan multi representasi dalam pembelajaran fisika terhadap kemampuan kognitif siswa SMA. Pendekatan multirepresentasi memberikan 5 manfaat, yaitu 1) Mengakomodasi kemampuan intelegensi yang berbeda; 2) Visualisasi bagi otak; 3) Membantu mengkonstruksi bentuk lain dari representasi; 4) Beberapa representasi berguna untuk penalaran kualitatif; dan 5) Representasi matematik yang abstrak digunakan untuk penalaran kuantitatif . Multirepresentasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah representasi verbal, representasi visual dan representasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized control group pretestposttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Bekasi dengan subjek penelitian siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa. Adapun kemampuan kognitif yang akan diteliti menurut taksonomi Anderson. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji-T) dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 86 didapatkan nilai thitung sebesar 6,11 dan ttabel sebesar 1,671 sehingga dapat diketahui bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan multi representasi memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan kognitif siswa.
Kata-kata kunci: Pendekatan Multirepresentasi, Kemampuan Kognitif, Taksonomi Anderson

Downloads

Published

2015-06-30

How to Cite

Widianingtiyas, L., Siswoyo, S., & Bakri, F. (2015). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.21009/1.01105

Most read articles by the same author(s)

> >>