EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI INDONESIA : META ANALISIS STUDI

  • Puspa Widyastuti Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan blended learning terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan meta analisis studi dengan mengkaji artikel penelitian yang relevan. Pengumpulan data diperoleh dari jurnal online di Google Scholar dengan rentang waktu 10 tahun terakhir sebanyak 20 jurnal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu diskriptif kualitatif. Sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh yaitu 1) Tujuan penelitian yang paling banyak adalah mengetahui sebesar 40%, 2) Desain penelitian yang paling banyak digunakan adalah eksperimen sebesar 55%, 3) Teknik pengumpulan data yang paling banyak digunakan adalah tes sebesar 37,8%, 4) Analisis data yang paling banyak digunakan adalah n-gain sebesar 15,4%, 5) Efektivitas blended learning yang paling banyak digunakan adalah hasil belajar dengan persentase sebesar 55% , 6) Tahun terbit yang paling banyak digunakan adalah pada tahun 2021 sebesar 30%.

Published
2023-10-09