PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) TERPADU
DOI:
https://doi.org/10.21009/PIP.331.4Keywords:
Keterampilan Proses, Motivasi, Belajar, TerpaduAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh dari variable-variabel bebas, yaitu keterampilan Proses dan tingkat motivasi belajar (motivasi tinggi dan motivasi rendah) terhadap variable terikat yaitu hasil Belajar IPA Terpadu. Disamping itu, ingin diketahui ada tidaknya interaksi antara kedua variable tersebut terhadap hasil belajar IPA Terpadu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tegalwaru Purwakarta. Sampel diambil dengan simple randon sampling berdasarkan factorial group desain. Sehingga siswa terpilih 76 siswa. Untuk pengujian hipotesis digunakan teknik Analisis Varians 2 jalur (Anava 2 x 2) dengan taraf signifikansi α=0,05 dengan terlebih dahulu uji normalitas dengan liliefors dan homogenitas data dengan levene. Hasil pengujian statistic menunjukan bahwa data ketiga variable normal dan homogen. Hasil penelitian ini adalah bahwa belajar melalui pendekatan pembelajaran keterampilan proses, lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan tidak melalui pendekatan keterampilan proses, dan hasil belajar IPA terpadu kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih tinggi dibanding siswa yang memiliki motivasi rendah, juga terdapat interaksi yang nyata antara pendekatan keterampilan proses dengan motivasi terhadap hasil belajar IPA terpadu, kemudian bagi siswa yang mempunyai motivasi rendah harus dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License