PENGARUH SELF-MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA STAB KERTARAJASA, BATU

Authors

  • Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha, Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa
  • Pendidikan Keagamaan Buddha, Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa
  • Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha, Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa

DOI:

https://doi.org/10.21009/PIP.352.7

Keywords:

self-management, earning achievement, students

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan nilai hasil belajar mahasiswa berupa IPK. Rendahnya hasil belajar dikarenakan beberapa faktor salah satunya faktor dari dalam diri. Self-management dapat mempengaruhi tinggi rendahnya nilai hasil belajar mahasiswa. Self-management merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh individu dalam mencapai tujuan yang dirumuskan dengan cara mengelola, mengatur, dan memaksimalkan potensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan pengaruh Self-management terhadap prestasi belajar mahasiswa sāmaera/Aṭṭhasīlani dan reguler STAB Kertarajasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Self-management (variabel bebas) dan prestas belajar (variabel terikat). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang berjumlah 28 orang. Metode pengambilan data yang digunakan adalah skala Self-management dan nilai Indeks Prestasi Komulatif. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis Uji t dan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Self-management berpengaruh sangat efektif terhadap prestasi belajar, jika ditinjau dari persen capaian sebesar 76%. Berdasarkan analisis uji t nilai IPK Sāmaera/Aṭṭhasīlani dan Reguler menunjukkan bahwa ada perbedaan yang nyata antara IPK mahasiswa Sāmaera/Aṭṭhasīlani dengan reguler karena t hitung (2,564)  t 0,05 = 2,056  t 0,01 (=2,779). Hal ini karena Sāmaera/Aṭṭhasīlani memiliki disiplin yang lebih baik.

Kata kunci: self-management, prestasi belajar, mahasiswa.

Abstract

This research was conducted based on the value of student learning outcomes in the form of GPA. The low learning outcomes are due to several factors, one of which is internal factors. Self-management can affect the high and low value of student learning outcomes. Self-management is an effort made by individuals in achieving the goals formulated by managing, regulating, and maximizing their potential. This study aims to determine the level and influence of self-management on student achievement sāmaera/Aṭṭhasīlani and regular STAB Kertarajasa. This research is a quantitative research. The variables of this study include self-management (independent variable) and learning achievement (dependent variable). The subjects in this study were 28 students. The data retrieval method used is the Self-management scale and the value of the Cumulative Achievement Index. The data analysis technique of this research used t test analysis and Likert scale. The results of this study indicate that self-management has a very effective effect on learning achievement, when viewed from the percentage of achievement of 76%. Based on the t-test analysis of Sāmaera/Aṭṭhasīlani and Regular GPA values, it shows that there is a significant difference between the GPA of Sāmaera/Aṭṭhasīlani students and regular students because t count (2.564) > t 0.05 = 2.056 < t 0.01 (=2.779). This is because Sāmaera/Aṭṭhasīlani have better discipline.

    Keywords: self-management, learning achievement, students.

Downloads

Published

2021-11-04

How to Cite

Wina, Kadek Jaya Sumanggala, & Adji. (2021). PENGARUH SELF-MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA STAB KERTARAJASA, BATU . Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 149–159. https://doi.org/10.21009/PIP.352.7