THE ROLE OF HIGHER EDUCATION IN FOSTERING THE CREATIVITY AND INNOVATION OF STUDENTS, COLLEGE STUDENTS, AND BUSINESS ACTORS
DOI:
https://doi.org/10.21009/PIP.371.10Keywords:
Perguruan tinggi, kreativitas, inovasiAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Perguruan Tinggi dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi di kalangan siswa, mahasiswa dan pelaku usaha. Kegiatan ini menekankan nilai keunggulan karya mereka sehingga memungkinkan konsep baru dalam kerangka pembangunan yang berkelanjutan. Penelitian merupakan setting lapangan pada expo inovasi teknologi Universitas Sains Al-Qur’an tahun 2023, dengan jenis penelitian kualitatif dari data observasi dan dokumentasi. Penelitian menyimpulkan: bahwa peran Perguruan Tinggi dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi dapat dilakukan melalui pelibatan hasil karya siswa, mahasiswa dan pelaku usaha. Kolaboratif ini memungkinkan untuk menguntungkan berbagai pihak di dalamnya. Langkah penilaian dan pendampingan diperlukan guna mentimulasi lahirnya kreativitas baru. Perguruan tinggi dapat memfasilitasi agar puduk inovasi layak bersaing di pasaran dengan memberikan fasilitas kurasi produk dan pendampingan ijin usaha. Penelitian merekomendasi bahwa kreativitas dan inovasi, dapat diterapkan pada berbagai disiplin ilmu. Selain itu agar merancang kurikulum dalam pendidikan kreativitas, inovasi, dan kewirausahaan untuk berbagai tingkat pendidikan demi munculnya inovasi terapan menuju pembangunan berkelanjutan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License