IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21009/PIP.331.3Keywords:
Metode Bermain, Passing Bawah, BolavoliAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode bermain terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimen dengan desain Randomize Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar di Kota Cimahi, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar passing bawah bolavoli yang menekankan pada penilaian proses. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pengujian hipotesis didapat nilai signifikansi sebesar 0,000, yang dimana nilai tersebut < 0,05. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa implementasi metode bermain pada pembelajaran bolavoli memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli di Sekolah Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License