IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.21009/PIP.331.3

Keywords:

Metode Bermain, Passing Bawah, Bolavoli

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode bermain terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimen dengan desain Randomize Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar di Kota Cimahi, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar passing bawah bolavoli yang menekankan pada penilaian proses. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pengujian hipotesis didapat nilai signifikansi sebesar 0,000, yang dimana nilai tersebut < 0,05. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa implementasi metode bermain pada pembelajaran bolavoli memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli di Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2019-04-29

How to Cite

Sumbara. (2019). IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DI SEKOLAH DASAR. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 27–32. https://doi.org/10.21009/PIP.331.3