BUDAYA ORGANISASI, PEMBERDAYAAN DAN ENGAGEMENT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI PADA BIRO UMUM SEKRETARIAT KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA REPUBLIK INDONESIA

Authors

  • Koko Haryono Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Budaya Organisasi; Pemberdayaan; Engagement; Kualitas Pelayanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap ada atau tidaknya pengaruh antara budaya organisasi, pemberdayaan, engagement terhadap kualitas pelayanan, secara langsung maupun tidak langsung. Metodologi/desain penelitian yang dipergunakan adalah dengan metode survey dengan pendekatan kausal di dalam penelitian kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh antara satu variabel dengan variabel yang lain menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan program SPSS. Unit analisis dari penelitian adalah pegawai pada Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara RI, dengan jumlah populasi sebanyak 307 pegawai dan jumlah sampel 76 orang menggunakan teknik proporsional random sampling, serta para pegawai di luar Biro Umum dengan populasi 1890 pegawai dengan sampel 228 orang untuk menilai kualitas pelayanannya. Pemodelan persamaan struktural digunakan sebagai alat untuk menganalisis hubungan hipotesis. Temuan pada penelitian antara lain: (1) budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kualitas pelayanan, (2) pemberdayaan berpengaruh langsung positif terhadap kualitas pelayanan, (3) engagement berpengaruh langsung positif terhadap kualitas pelayanan, (4) budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap engagement, (5) pemberdayaan berpengaruh langsung positif terhadap engagement, (6) budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap pemberdayaan, (7) budaya organisasi melalui pemberdayaan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, (8) budaya organisasi melalui engagement berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, (9) pemberdayaan melalui engagement terhadap kualitas pelayanan pada Biro Umum Sekretariat Kementerian Sekretariat Negara. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk menciptakan kualitas pelayaan pegawai yang optimal, organisasi perlu membangun dan meningkatkan budaya organisasi, pemberdayaan dan engagement para pegawainya. 

Downloads

Published

2020-08-26