Keanekaragaman Lumut di Lingkungan Sekolah Menengah di Kabupaten Sleman, D.I.Y. Sebagai Penunjang Pembelajaran Biologi Aplikatif

  • Suffyananda Khansa Aripulis Undergraduate Student

Abstrak

Penelitian tentang keanekaragaman lumut di lingkungan sekolah menengah di Kabupaten Sleman telah dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keanekaragaman lumut yang dapat digunakan sebagai sarana pengenalan peserta didik sekolah menengah dalam rangka pembelajaran biologi aplikatif. Bryophyta memiliki keunikan morfologi dan ekologi, namun informasi penelitian mengenai keanekaragaman lumut baru terbatas di Kota Yogyakarta oleh Sujadmiko & Vitara (2017). Sedangkan data keanekaragaman lumut di Kabupaten Sleman belum tersedia, sehingga penelitian lumut ini perlu dilakukan.

Untuk mengetahui keanekaragaman lumut maka dilakukan koleksi sampel lumut dengan metode eksplorasi di lingkungan sekolah tingkat SMP (17 sekolah) dan SMA (17 sekolah) di Kabupaten Sleman. Hasil koleksi sampel tersebut diidentifikasi di laboratorium. Hasil identifikasi dari sampel lumut yang dikoleksi dari 34 sekolah ditemukan 15 spesies. Dari 15 jenis tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua kelas yaitu Hepaticopsida dan Bryopsida. Jenis-jenis lumut yang termasuk dalam Kelas Hepaticopsida adalah Marchantia polymorpha L., Marchantia palmata Reinw., Reboulia hemisphaerica (L.) Raddi. Sedangkan yang termasuk dalam Kelas Bryopsida adalah Hyophila involuta (Hook.) Jaeg., Philonotis hastata (Dub.) Wijk & Marg., Octoblepharum albidum Hedw., Vesicularia dubyana (C. Muell.) Broth., Trachythecium verrucosum Hampe., Fissidens zippelianus Doz. & Molk., Barbula javanica Dozy & Molk., Barbula indica Hook., Barbula convoluta Hedw., Barbula consanguinea (Thw. & Mitt.) Jaeg., Brachymenium indicum (Dozy & Molk.) Bosch & Lac., dan Isopterygium minutirameum (C. Mull.) Jaeg. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa keanekaragaman lumut yang ditemukan dari penelitian ini cukup beranekaragam sehingga sudah dapat digunakan sebagai pedoman bahan ajar bagi guru sebagai sarana pengenalan peserta didik dalam rangka pembelajaran biologi aplikatif di sekolah menengah Kabupaten Sleman.

Diterbitkan
2020-12-25
Bagian
Articles