IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TARI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF ( Pengembangan Model di Taman Kanak-Kanak Labschool Jakarta pada Kelompok B)

Authors

  • ELINDRA YETTI 1Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta
  • INDAH JUNIASIH Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPUD.102.11

Abstract

Abstract : This study aims to determine the effectiveness of dance learning model of education as an increase in early childhood kinesthetic intelligence. This study uses research and development method that conducted in Labschool kindergarten, Rawamangun, East Jakarta and the group B students as the subjects. This study has steps as follows: (1) analysis of needs, (2) create design models, (3) the development of the model, (4) the trial phase 1, (5) the revised model 1, (6) the trial stage model 2, (7) the revised model 2, (8) the field trials, (9) the revision and finalization. The results of the implementation model showed that the effectiveness of the model obtained an average pre-test score was 1.89, while the average post-test score was 2,38. Changes score pre-test and post-test showed significant improvement kinesthetic intelligence, so the dance learning model of education is very effective for improving early childhood kinesthetic intelligence.

 

Keywords: Educational dance, kinesthetic intelligence, early childhood

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran  tari pendidikan sebagai upaya peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan pada siswa kelompok B TK LabschoolJakarta, Rawamangun, Jakarta Timur. Penelitian ini  memiliki langkah-langkah sebagai berikut : (1) analisis kebutuhan, (2) membuat desain model, (3) pengembangan model, (4) uji coba tahap 1, (5) revisi  model 1, (6) uji coba model tahap 2, (7) revisi model 2, (8) uji coba lapangan,  (9) revisi dan finalisasi. Hasil penelitian implementasi model ini menunjukkan bahwa efektivitas model diperoleh rata-rata skor pre-test adalah 1,89, sedangkan rata-rata skor pos-test adalah 2,38. Perubahan skor pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan kinestetik secara signifikan, sehingga model pembelajarantari pendidikan sangat efektif untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini.

 

Kata Kunci: Tari pendidikan, kecerdasan kinestetik, anak usia dini

Downloads

Published

2016-11-30

How to Cite

YETTI, E., & JUNIASIH, I. (2016). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TARI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF ( Pengembangan Model di Taman Kanak-Kanak Labschool Jakarta pada Kelompok B). JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385–400. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.11

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2