Pengembangan Naskah Drama Fisika sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA berbasis Joyful Learning
DOI:
https://doi.org/10.21009/1.01215Abstract
Abstract
This research aims to develop a drama script with physics thematic content for senior high school physics- fun based learning and meaningful learning or joyful learning. Joyful learning requires fun learning conditional in the delivery of learning materials. The drama script as a collection of dialog is one form of media that can be used to deliver learning with fun and still has meaningfulness. This development can be used as the basis for research-based instructional media with joyful learning to another subjects. The development research is 4D
Thiagarajan Model, and the stage consists of defining, designing, development, and disseminate. This study will describe the process of development of each of its stages. The output of this research is a physics plays eligible to be used as a medium of learning physics in high school.
Keywords: a physics drama script, physics learning media, joyful learning
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan naskah drama fisika untuk pembelajaran fisika SMA berbasis pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna atau joyful learning. Joyfull learning menyaratkan pembelajaran yang menyenangkan dalam penyampaian materi pembelajaran. Naskah drama sebagai kumpulan dialog merupakan salah satu bentuk media yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pembelajaran dengan menyenangkan dan tetap memiliki kebermaknaan. Pengembangan naskah drama fisika ini menjadi penelitian yang dapat dijadikan dasar bagi penelitian media pembelajaran berbasis joyfull learning untuk mata pelajaran lainnya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan, yang tahapannya terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini akan memaparkan proses pengembangan dari tiap tahapannya. Keluaran dari penelitian ini berupa naskah drama fisika yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika SMA.
Kata-kata kunci: naskah drama fisika, media pembelajaran fisika, joyfull learning