Rancangan Tes dan Evaluasi Fisika yang Informatif dan Komunikatif pada Materi Kinematika Gerak Lurus

  • Citra Media Pertiwi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Rawamangun – Jakarta Timur, 13220
  • Dewi Muliyati Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Rawamangun – Jakarta Timur, 13220
  • Vina Serevina Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Rawamangun – Jakarta Timur, 13220

Abstract

Abstract
This study aims to produce tests and evaluation of physics informative and communicative on the kinematics of rectilinear motion of matter and to determine the effects of the test and evaluation of physics informative and communicative to interest students in work on the problems. The method used is the method of developing research-Thiagarajan 4D model, which consists of four stages, namely: define, design, develop, and disseminate. Assessment tests and evaluations conducted by a lecturer of physics as learning experts and media experts. Testing and evaluation tests conducted by the test to high school students of class X. The results of this research are physics test and evaluation informative and communicative on the kinematics of rectilinear motion of matter that has been validated by an expert assessment of learning physics and an expert on media and software, has also been tested eligibility in school. The results of the validation by an expert assessment of learning physics obtain results with kategoro well. The results of the validation by media experts and software obtained either category. The results of due diligence by the students obtain better results by category. Based on the results of validation and feasibility test, we can conclude that the test and evaluation of physics informative and communicative fit for use as a test and evaluation of learning physics in high school.
Keywords: test and evaluation, informative, communicative, straight motion kinematics

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes dan evaluasi fisika yang informatif dan komunikatif pada materi kinematika gerak lurus dan untuk mengetahui efek dari tes dan evaluasi fisika yang informatif dan komunikatif terhadap ketertarikan siswa dalam mengerjakan soal. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan model 4D-Thiagarajan, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Penilaian tes dan evaluasi dilakukan oleh dosen fisika sebagai ahli pembelajaran dan ahli media. Pengujian tes dan evaluasi dilakukan dengan uji coba kepada siswa SMA kelas X. Hasil dari penelitian ini adalah tes dan evaluasi fisika yang informatif dan komunikatif pada materi kinematika gerak lurus yang telah divalidasi oleh ahli penilaian pembelajaran fisika serta ahli media dan perangkat lunak, juga telah diuji kelayakannya di sekolah. Hasil validasi oleh ahli penilaian pembelajaran fisika memperoleh hasil dengan kategoro baik. Hasil validasi oleh ahli media dan perangkat lunak memperoleh kategori baik. Hasil uji kelayakan oleh siswa memperoleh hasil dengan kategori baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji kelayakan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tes dan evaluasi fisika yang informatif dan komunikatif layak digunakan sebagai tes dan evaluasi pembelajaran fisika di SMA.
Keywords: tes dan evaluasi, informatif, komunikatif, kinematika gerak lurus

Published
2016-06-30
How to Cite
Pertiwi, C. M., Muliyati, D., & Serevina, V. (2016). Rancangan Tes dan Evaluasi Fisika yang Informatif dan Komunikatif pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 81 - 88. https://doi.org/10.21009/1.02112