PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA KOLASE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

THE IMPROVEMENT OF FOURTH GRADE PRIMARY SCHOOL STUDENTS' THEMATIC LEARNING OUTCOMES THROUGH COLLAGE MEDIA

Authors

  • Puji Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang

DOI:

https://doi.org/10.21009/PIP.351.5

Keywords:

hasil belajar, media kolase, pembelajaran tematik, learning outcomes, collage media, thematic learning

Abstract

Berbagai macam media pembelajaran berfungsi untuk menunjang kegiatan pembelajaran dalam upaya mencapai hasil belajar, termasuk penggunaan media kolase. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatnya hasil belajar pada siswa kelas IV SD pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media kolase. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 02 Margo Mulyo OKU Timur yang dilaksanakan selama 3 bulan pada tahun 2020. Prosedur penelitian yang digunakan adalah model John Elliot yang mencakup tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian melaporkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa dari pra siklus 74,89 meningkat menjadi 76,30 pada siklus pertama, dan meningkat menjadi 79,00 pada siklus kedua. Persentase ketuntasan belajar dilaporkan meningkat pada setiap siklusnya, dari 52% pada pra siklus, menjadi 68% pada siklus pertama, dan menjadi 90% pada siklus kedua. Secara klasikal telah tercapai indikator yang ditetapkan yaitu persentase ketuntasan belajar siswa mencapai ≥ 75% siswa dengan nilai ≥ 75. Aktivitas belajar siswa dan mengajar guru selama proses pembelajaran menggunakan media kolase berkategori sangat baik. Saran penelitian adalah perlu dilakukannya kegiatan pendampingan pada guru dalam memilih, menggunakan, dan memanfaatkan media pembelajaran.

 

There are various media to support learning and improve learning outcomes, including collage media. This research aims to describe the outcomes of fourth-grade primary school students' thematic learning using collage media. This research is a classroom action research that was conducted for 3 months in 2020 at SDN 02 Margo Mulyo OKU Timur. The research procedure used is the John Elliot model which includes the stages of planning, observation, and reflection. The results reported the increase of students’ mean score from the pre-cycle 74,89 to 76,30 in the first cycle and increased to 79,00 in the second cycle. The percentage of learning completion reported to have increased in each cycle, from 52% in the pre-cycle, to 68% in the first cycle, and 90% in the second cycle. Classically, the proposed indicators have been achieved with student learning completion reaching ≥ 75% with ≥ a 75 score. Teacher and student learning activities with collage media are categorized very well. The research suggests that teachers must study the selecting, using, and utilizing learning media process.

Author Biography

Puji Astuti, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang

Published

2021-04-27

How to Cite

Astuti, P. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA KOLASE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR: THE IMPROVEMENT OF FOURTH GRADE PRIMARY SCHOOL STUDENTS’ THEMATIC LEARNING OUTCOMES THROUGH COLLAGE MEDIA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 45–52. https://doi.org/10.21009/PIP.351.5