Desain Instrumen Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya

  • Hermawan Hermawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Parsaoran Siahaan Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154
  • Endi Suhendi Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154
  • Ida Kaniawati Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154
  • Achmad Samsudin Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154
  • Anggi Hanif Setyadin Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154
  • Syarif Rokhmat Hidayat Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154
Keywords: instrumen, kemampuan berkolaborasi, fisika SMP

Abstract

Abstract

This study aims to develop a rubric of students' collaboration skills in junior high school on light reflection materials. The collaboration skills are one of the important competencies of the 21st century so that teachers in the field must have their rubric to measure students' collaboration skills. The rubric is based on the adaptation and modification of the collaboration skills section of the International Reading Association (IRA) (2005). The research method used is the method of research and development of 4D (define, design, develop and disseminate) 2D (restricted and design) design model. Aspects that are adapted and modified are contributions, time management, problem solving, working with others and research techniques that are trained on the activity of light reflecting material. Each aspect is given a score of 1 - 4 with 1 (less), 2 (sufficient), 3 (good) and 4 (excellent). Through the define and design stage, a collaboration scoring rubric for junior high school students has been developed in light reflection materials based on adaptation and modification of the collaboration skills framework of the International Reading Association (IRA) (2005).

Keywords: collaboration skills, collaboration rubric skills, group investigation.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rubrik penilaian kemampuan berkolaborasi siswa SMP terkait materi pemantulan cahaya. Kemampuan berkolaborasi adalah salah satu kompetensi penting abad ke-21 sehingga guru di lapangan harus memiliki rubrik tersendiri untuk mengukur kemampuan berkolaborasi siswa. Rubrik disusun berdasarkan adaptasi dan modifikasi rubrik kemampuan berkolaborasi dari International Reading Association (IRA) (2005). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan model intruksional 4D (define, design, develop and disseminate) yang dibatasi hanya 2D (define and design). Aspek yang diadaptasi dan dimodifikasi yaitu kontribusi, manajemen waktu, pemecahan masalah, bekerja dengan orang lain dan teknik penyelidikan yang dilatihkan pada kegiatan percobaan pemantulan cahaya. Setiap aspek diberi skor 1 - 4 dengan keterangan 1 (kurang), 2 (cukup), 3 (baik) dan 4 (sangat baik). Melalui tahap define dan design yang dilakukan, telah dikembangkan rubrik penilaian kemampuan berkolaborasi untuk siswa SMP dalam materi pemantulan cahaya berdasarkan adaptasi dan modifikasi rubrik kemampuan berkolaborasi dari International Reading Association (IRA) (2005).

Kata-kata Kunci: kemampuan berkolaborasi, rubrik kemampuan berkolaborasi, grup investigasi.

Published
2017-12-11
How to Cite
Hermawan, H., Siahaan, P., Suhendi, E., Kaniawati, I., Samsudin, A., Setyadin, A. H., & Hidayat, S. R. (2017, December 11). Desain Instrumen Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 167 - 174. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/1.03207