Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta

Authors

  • Raden Rizky Amaliah Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Fadhil Universitas Negeri Jakarta
  • Sari Narulita Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Metode Ceramah, Metode Diskusi, Hasil Belajar PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode ceramah dan diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Metode yang digunakan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuisioner. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti menarik kesimpulan bahwasanya : metode ceramah yang diterapkan dalam proses pembelajaran PAI oleh guru ialah metode ceramah yang diselingi dengan metode tanya jawab. Metode diskusi yang digunakan pada proses pembelajaran ini ialah metode diskusi kelompok kecil. Hasil belajar siswa dikelas yang menerapkan metode ceramah, dari segi kognitif mengalami kenaikan, dari segi afektif siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik, dan dari segi psikomotorik siswa dapat terlibat cukup aktif secara psikomotrik. Hasil belajar siswa dikelas yang menerapkan metode diskusi, dari segi kognitif mengalami penurunan pada pertemuan ketiga, dari segi afektif siswa dapat menerima pembelajaran dengan cukup baik , dari segi psikomotorik siswa dapat terlibat aktif secara psikomotorik.

Published

2014-07-01

How to Cite

Amaliah, Raden Rizky, Abdul Fadhil, and Sari Narulita. “Penerapan Metode Ceramah Dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Di SMA Negeri 44 Jakarta”. Jurnal Studi Al-Qur’an 10, no. 2 (July 1, 2014): 119–131. Accessed November 8, 2024. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/4441.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>