Latar Belakang Mahasiswa Dalam Memahami Fiqih
Keywords:
Pemahaman Fiqih, Ilmu Agama Islam, Pemahaman KontekstualAbstract
Perbedaan latar belakang jenis pendidikan menyebabkan perbedaan kedalaman pemahaman fiqh, khususnya yang terkait dengan penguasaan mereka terhadap dalil, baik itu dalil naqli (nash) maupun dalil aqli (analisis) yang menjadi hujjah suatu hukum. Ada beberapa asumsi yang dapat diajukan terkait dengan pembelajaran Fiqh di Jurusan Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Semua mahasiswa berasal dari berbagai macam latar belakang yang membuat mereka berbeda pemahaman dan pandangan tentang ilmu fiqh. Penelitian mengenai masalah ini dianggap penting untuk menjelaskan latar belakang mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam dalam memahami fiqh. Hasil temuan menunjukkan bahwa pada hakikatnya mahasiswa JIAI memiliki kecenderungan sama, yaitu cenderung berupaya memahami fiqih secara kontekstual, kendatipun latar belakang jenis pendidikan berbeda ketika di SLTA. Kecenderungan belajar Fiqih bagi setiap mahasiswa dengan berbagai latarbelakangnya memiliki corak yang berbeda sesuai dengan kebutuhan mereka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY