Analisis Isi Kurikulum PAI Dan Kemampuan Dasar Siswa Kelas III SDN Kelapa Gading Timur Jakarta Utara
Keywords:
Analisis Kurikulum PAI, Silabus dan RPP, Kemampuan Dasar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis isi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam lingkup Silabus dan Rancangan Program Pembelajaran (RPP) dan Kemampuan Dasar Siswa kelas III SD. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan analisis pengembangan Silabus dan RPP dan memberikan solusi kepada guru PAI serta dapat memberikan langkah-langkah antisipasi dalam menghindari hal-hal yang tidak sesuai antara hubungan kurikulum dengan kemampuan dasar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa Silabus dan RPP kurang sesuai atau kurang tepat sasaran dengan kemampuan dasar anak kelas III SD. Hal ini ditandai materi isi belum relevan artinya materi tidak sesuai dengan kemampuan dasar siswa. Ada beberapa materi yang kurang tepat diajarkan pada siswa kelas III SD seperti materi ajar mengartikan ayat Al-Quran dan memahami sifat mustahil Allah. Selain itu, keefektifan proses pembelajaran masih kurang karena masih ditemukan kekurangan dalam hasil pencapaian pembelajaran. Mengenai efisiensi, alokasi waktu yang ditentukan belum mencukupi karena ada guru yang menggunakan waktu kosong untuk mengisi materi yang belum diajarkan.
Kata Kunci: Analisis Kurikulum PAI, Silabus dan RPP, Kemampuan Dasar Siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY